Wednesday, March 14, 2012

RESUME KELOMPOK 1

Resume yang saya ambil dari presentasi kelompok 1 dengan materi permintaan dan penawaran adalah:

Bahwa faktor permintaan dan penawaran itu mempengaruhi keseimbangan suatu harga  pasar, sebagaimana yang bertindak sebagai permintaan adalah pembeli (konsumen) dan yang bertindak sebagai penawaran adalah penjual.  Pembentukan suatu harga bisa terjadi dengan adanya kesepakatan antara penjual dan pembeli di pasar misalnya, terjadi tawar menawar yang cukup alot antara pembeli dan penjual. Dan faktor penawaran adalah jumlah barang yang di tawarkan pada tingkat harga tertentu.

 Biasanya ini mengikuti arus pasar. Adanya beberapa hukum yang terjadi pada materi ini adalah tentang hukum permintaan: jadi apabila suatu harga naik, maka permintaan akan barang tersebut akan mengalami penurunan. Dan apabila harga turun, permintaanpun akan naik.

Sebenarnya disini banyak terdapat banyak tingkat faktor permintaan, contohnya seperti
Selera konsumen: selera konsumen ini tidak bisa di tebak, jadi pasar harus membuat inovasi baru bagaimana nantinya barang barang bisa laku keras dipasaran. Jadi apabila permintaan terhadap suatu barang tinggi. Maka akan diikuti dengan jumlah barang yang mengalami peningkatan.

Biasanya konsumen di indonesia itu mencari kebutuhan dengan harga murah, namun mempunyai kualitas bagus di atas rata rata. Dan apabila pendapatan konsumen itu semakin tinggi. Maka akan di ikuti pula terhadap banyak nya pembelian barang dan jasa di pasaran.

Banyak faktor yang mempengaruhi tingkat penawarab seperti :
Biaya produksi, tujuan nya untuk apa, tidak lupa pajak juga di ikut sertakan kedalam pokok pembahasan ini. Karena pajak itu akan menyebabkan harga jual menjadi lebih tinggi. Ketersediaan bahan baku. Semakin langka bahan baku untuk membuat suatu produk, maka akan semakin tinggi pula harga yang di patok oleh produsen si pembuat barang oleh konsumen. 

Dan prediksi sangat penting dalam hal ini. Misalnya: kita mau mengirim buah buahan ke kota lain yang menempuh waktu beberapa hari. Dan sebagai pedagang disini kita ditantang untuk membuat prakiraan. Bagaimana buah jangan sampe busuk dan kita sebagai pedagang yang mensuplay barang tidak mengalami kerugian. Karena jika suatu barang sudah di tangan pedagang. Itu sudah menjadi tanggung jawab kita terhadap konsumen. Memikirkan apakah barang sudah sampai dan tidak mengalami kendala yang cukup signifikan.

Disini saya juga akan membahas beberapa kurva, yaitu ketika harga mengalami pergeseran keseimbangan maka terjadi pula perubahan penawaran yang ada.  Jadi keseimbangan itu sendiri dapat di artikan dengan harga yang terbentuk di pasar adalah hasil sebuah kesepakatan antara pembeli dan penjual.
Pergeseran harga keseimbangan:

Pergeseran ini bisa terjadi karena perubahan permintaan, jadi ketika terjadi beberapa perubahan (naik atau turun nya suatu permintaan) maka akan tercapai kesepakatan harga.

Mungkin hanya ini yang bisa saya tangkap dan paparkan dari presentasi kelompok 1 tentang permintaan dan penawaran harga. Bagaimana suatu harga bisa terbentuk dan bagaimana tentang permintaan konsumen terhadap siklus suatu pasar. 

No comments:

Post a Comment