Wednesday, March 14, 2012

RESUME KELOMPOK 2

Resume yang saya ambil dari presentasi saya kelompok 2 dengan materi Perilaku Konsumen adalah:

Bahwa perilaku konsumen itu sendiri merupakan suatu aktivitas perilaku konsumen yang merupakan suatu proses aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan.

Sebenernya perilaku konsumen inilah yang mendasari seseorang melakukan suatu transaksi pasar. Untuk membeli barang dengan harga jual rendah atau tinggi dengan beberapa pertimbangan yang matang. Jadi perilaku konsumen itu sendiri adalah perilaku yang menitik beratkan pada kemampuan individu untuk membeli suatu barang. Mampu atau tidak kah mereka terhadap pembelian dan kuantitas harga. Perilaku konsumen itu sendiri berhubungan dengan alasan dan tekanan yang mempengaruhi pemilihan, pembelian, penggunaan, dan pembuangan barang dan jasa yang bertujuan untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan pribadi yang terus meningkat dari waktu ke waktu.

Saya akan mengambil contoh kategori perilaku konsumen yang paling menonjol seperti life style (gaya hidup). Indonesia merupakan negara yang mempunyai tingkat konsumenitas yang tinggi terhadap barang dan jasa. Jadi bisa dibilang indonesia adalah surganya pedagang dan pasar dunia bisa meraup keuntungan berlebih di pasar ini. Dengan individu individu nya sendiri yang mudah termakan iklan, mudah terpukau dengan tampilan luar dalam sampai membeli hal hal yang tidak terduga. Seperti misal adanya sale atau diskon besar besaran di pusat perbelanjaan ternama.

Suka barang luar negri: rata rata masyarakat, khususnya di indonesia ini justru sangat mencintai produk luar negri. Dibanding produk lokal yang mutu nya tidak kalah bagus dengan buatan luar. Tetapi disini lah ada nilai gengsi tersendiri untuk para individu jika membeli produk luar negri. Seperti zara, D&G, hermes dan sebagainya. Padahal kalau kita amati. Banyak kelebihan dan kualitas yang bagus pada produk dalam negri itu sendiri. Hanya saja terkendala masalah pemasaran. Nah ini dia yang membuat pasar dunia senang senang berdagang di indonesia. Karena selain mempunyai konsumenitas yang tinggi. Indonesia mempunyai masyarakat yang justru lebih mencintai produk luar negri. Sungguh sangat disayangkan.

Dan upaya pemerintah untuk itu sudah cukup banyak saya kira, dengan mempromosikan produk produk unggulan dalam negri. Tapi disisi ini kita balik lagi pada individu masing masing. Bagaimana cara menghargai produk dalam negri, meningkatkan kualitas dan kuantitinya. Jadi kalo bukan kita siapa lagi yang membuat produk dalam negri mampu merambat pasar dunia.

Dan disini kelompok 2 mengangkat kasus tentang blackberry dan android yang sedang booming di perbincangkan.

Mungkin di kedua produk ini pasti mempunyai keunggulan dan kekurangan masing masing, mungkin dari segi aplikasi atau tampilan. Dan dari tahun ke tahun teknologi itu tidak pernah mati. Banyak berdatangan produk produk baru yang lebih canggih. Yang lebih menitik beratkan pada kepraktisan penggunaan dan lain sebagainya. Dan ini lah sebenarnya yang menuntut kita para konsumen untuk lebih berfikir panjang dalam pembelian barang dan jasa. Agar tidak terkecoh dengan harga, dan sebaiknya di pikirkan lebih panjang jika ingin membeli suatu barang. Apakah barangini akan berguna untuk ke depan nya atau tidak. Jangan lah kita termakan pada iklan iklan yang memperlihatkan keunggulan barang tersebut.

Jadilah seorang konsumen yang smart, yang bisa menyeimbangkan antara kebutuhan yang benar benar mendesak dengan kebutuhan yang hanya tergiur akan tingkat harga yang rendah.

Mungkin cukup resume yang bisa saya ambil pada materi kelompok 2 dengan tema perilaku konsumen.
Semoga menjadi titik acuan yang berguna dan membuat kita tidak menjadi seseorang yang tidak termakan iklan dan dikendalikan oleh dunia. Tetapi satu pesan adalah “dunia harus dikendalikan oleh kita.”

No comments:

Post a Comment