Monday, March 26, 2012

RESUME KELOMPOK 4

Resume yang saya ambil dari presentasi kelompok 4 mengenai Struktur Pasar diantaranya :

Struktur pasar dibagi kedalam dua jenis yaitu, Pasar persaingan sempurna dan Pasar persaingan tidak sempurna. Pengertian dari pasar persaingan sempurna adalah dimana jumlah penjual dan pembeli menjual barang yang serupa. Bisa dikatakan bersifat homogen.

Pasar monopoli adalah:
adalah suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Penentu harga pada pasar ini adalah seorang penjual. Contohnya seperta KAI, PLN
karna harga yang menentukan adalah penjual, dan hanya pasar itu yang menjual jasa atau barang. Maka mau tidak mau kita harus mengikuti peraturan yang ada.

Misal sebagai penentu harga seorang monopolis dapat menaikan atau mengurangi harga dengan cara menentukan jumlah barang yang akan diproduksi; semakin sedikit barang yang diproduksi, semakin mahal harga barang tersebut, begitu pula sebaliknya. Walaupun demikian, penjual juga memiliki suatu keterbatasan dalam penetapan harga.

Jadi dari masalah yang di angkat, sebaiknya pasar monopoli di swastakan. Agar tidak membebani masyarakat. Seperti tingkat harga yang di patok terlalu mahal. Dan tidak ada pilihan akan hal itu.

No comments:

Post a Comment