Tuesday, March 27, 2012

RESUME KELOMPOK 6

Resume yang saya ambil dari presentasi kelompok 6 dengan materi Uang, Bank dan Penciptaan Uang:

Uang biasa didefinisikan sebagai alat tukar yang dapat diterima secara umum. Alat tukar dapat berupa benda apapun yang dapat diterima oleh setiap orang di masyarakat dalam proses pertukaran barang dan jasa. Banyak fungsi uang ialah sebagai alat satuan hitung, penimbun kekayaan, sebagai alat pembayaran yang sah dan lain sebagainya. Uang mengalami banyak perubahan sampai pada saat ini, dengan lembaran kertas atau koin. Yang nominalnya sudah di sepakati oleh bank indonesia. Disini saya akan mengambil contoh pertanyaan dan jawaban.
  • Hutang di indonesia semakin banyak, mengapa pemerintah tidak mengambil tindakan untuk mencetak uang lebih banyak?
Jawabannya:

karena di dalam suatu penciptaan uang, mempunyai undang undang yang mengatur  tentang percetakan dan peredaran uang. Bahan bakunya sendiri juga melalu perhitungan. Contoh kertas khusus uang 750,- lalu pemerintah membuat uang 1000,-. Itu dikarenakan nominal uang harus lebih besar di banding bahan baku yang di perlukan untuk mencetak dan tidak memperoleh kerugian.

 Tidak hanya itu. Di karenakan pasar modal dunia ber kiblat pada amerika dan mata uang dolar. Maka sering terjadi naik turun nya harga dolar yang tidak di seimbang dengan mata uang rupiah. Maka dari itulah alasan mengapa percetakan dan peredaran uang mempunyai tahap dan undang undang untuk membuatnya

No comments:

Post a Comment