Sunday, March 25, 2012

RESUME KELOMPOK 3

Resume yang saya ambil dari presentasi kelompok 3 dengan materi PERILAKU PRODUSEN adalah:

Sebelumnya tema ini sangat erat kaitannya dengan materi yang dibawakan oleh kelompok 2 yaitu tentang perilaku konsumen. Disini perilaku produsen  juga membahas tentang keberhasilan seseorang yang dilihat dari beberapa aspek penting yaitu suatu perencanaan yang matang, mengorganisasian pengarahan dan yang terakhir pengendalian.

Dengan beberapa perencanaan yang matang, seorang pengusaha dapat menyusun sebuah perusahaan nya dengan beberapa strategi yang sudah di siapkan. Misal strategi A dan B. Andai strategi A gagal, ia bisa cepat untuk mengambil langkah ke strategi B. Dimana seseorang dapat me manage perusahaan tentunya dengan beberapa misi dan visi. Dan dapat terjadi keseimbangan antara perencanaan dan strategi yang akan dijalankan

Tidak hanya itu, pengorganisasian juga sangat penting untuk jalan nya sebuah rencana yang akan di bangun, pondasinya adalah sebuah kesepakatan, visi misi serta tujuan perusahaan. Maksud dibalik adanya suatu pengorganisasian agar tidak ada kesemrautan antara bidang satu dan bidang lain. Semua jelas tertata dengan baik dan terorganisir. Serta disini juga di perlukan sosok manajer yang bisa membimbing dan mengawasi pekerjanya dengan baik. Apakah sudah sesuai strategi yang akan di jlankan atau belum. Disini seorang manajer juga harus aktif untuk melihat keadaan pasar. Mempunyai sudut pandang luas akan berjalannya suatu perusahaan.

Kesimpulan yang saya ambil dari kelompok ini adalah bagaimana seorang produsen mampu memenuhi kebutuhan konsumen dengan beberapa inovasi baru. Secara kreativitas, seorang produsen sangat di tuntut, bagaimana membuat produk yang berbeda dan akan laku di pasaran. Disini yang saya lihat sifat produsen di indonesia kebanyakan mengekor pada apa yang sudah ada. Mereka kurang memakai kemampuan berkreativitasnya untuk memunculkan barang baru. Inilah seharusnya yang harus di terapkan. Kita bisa belajar pada negara china. Bagaimana barang barang mereka bisa merambat pasar dunia. Semua tertuju pada satu negara yaitu cina. Sudah tidak diragukan lagi dari segi kualitas dan harga, china memasang tarif yang menjanjikan untuk sebuah barang. Dan iya selalu membuat inovasi baru. Maka dari itu china adalah negara yang dapat memegang perdagangan pasar dari tahun ketahun. Dan yang paling utama adalah bagaimana tugas produsen mencari inovasi agar kita sebagai konsumen tidak lebih tertarik dengan barang barang luar negeri. 

No comments:

Post a Comment